Senin, 19 Zulhijjah 1441 H / 10 Agustus 2020

Noda Militer Amerika, Kerahkan 5 Jet Tempur Terobos Langit Indonesia

Redaksi – Jumat, 3 Juli 2020 17:00 WIB

Eramuslim.com – Amerika Serikat memiliki noda sejarah penerbangan militer buruk kepada Indonesia.

Negara Adi Kuasa ini pernah dengan semena-mena menerobos wilayah langit kedaulatan Negara Kesatuan Negara Indonesia dengan jet tempur canggihnya.

Peristiwa itu terjadi pada Kamis 3 Juli 2003 atau genap 17 tahun lalu, ketika itu lima jet tempur Amerika bermesin ganda F-18 Hornet nekat terbang di atas wilayah sekitar Pulau Bawean.

Tak cuma menerobos masuk ke wilayah NKRI, lima jet tempur Amerika itu juga melakukan manuver udara yang membahayakan penerbangan manuver di jalur penerbangan sipil Green 63.

Mereka benar-benar terbang dan bermanuver semaunya, entah itu terbang naik turun ataupun manuver kiri kanan pada ketinggian 15.000 hingga 35.000 kaki dengan kecepatan 450 knot.

Aktivitas jet tempur Amerika itu pertama kali terdeteksi di monitor Military Civil Coordinator Center (MCCC) Bandara Ngurah Rai, Bali. Awalnya benda yang tertangkap monitor MCCC hanya dinamai Laporan Sasaran tak dikenal alias Lasa X. Hanya saja setelah diteliti, ternyata Lasa X itu adalah jet tempur F-18 Hornet.

Dalam catatan sejarah di museum TNI, dikutip VIVA Militer Jumat 3 Juli 2020, TNI tak tinggal diam dengan perbuatan jet tempur Amerika itu.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Berita Nasional Lainnya

Trending